Tahun 2030, DKI Target Zero AIDS

Jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan program “fast track” untuk mengakhiri epidemi AIDS di Ibu kota. Pemprov menargetkan, 2030 Jakarta terbebas dari HIV/AIDS.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin mengatakan, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jakarta Selatan yang bertugas memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya AIDS dan bagaimana menghindarinya.

Secara nasional, kasus HIV/AIDS di DKI Jakarta masih tinggi secara nasional. Pada tahun 2017 saja terdata Ibu kota Jakarta masuk urutan ke-4 setelah Papua, Papua Barat, dan Jawa Timur. Informasi yang dihimpun data dari KPA,

dari ribuan pekerja tempat hiburan yang diperiksa, 20-30 persen diduga positif mengidap HIV/AIDS. Perlu diketahui di Jakarta sendiri terdapat hot spot penyebaran HIV/AIDS, seperti tempat hiburan terdiri dari griya pijat, mandi uap, diskotik, karaoke, music hidup ,dan klub malam, serta pusat olahraga kesegaran jasmani. 

Sehingga upaya pencegahan yang dilakukan Pemprov DKI diantaranya melalui aksi door to door melayani dan mendatangi langsung para penderita HIV/AIDS. Dalam aksinya, lokja-pokja yang tersebar di Jakarta rutin menggelar sosialisasi serta pembekalan kepada pengidap HIV/AIDS.

“Hapus stigma negatif terhadap penderita HIV/AIDS dan jangan mereka dikucilkan,” sebut Arifin. Untuk data kasus HIV/AIDS di Jakarta Selatan sendiri, Arifin mengaku belum menerima data perbandingan berapa jumlah kasus yang ada dari KPAP DKI Jakarta.

Namun yang pasti, sambung Arifin, kita lakukan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. “Semisal, di Puskesmas petugas memberikan layanan dengan orang HIV/AIDS (ODHA). Kita ingin mereka melakukan pemeriksaan VCT diambil sample darahnya apakah positif atau negatif menderita HIV,” tandasnya.

Kami menyediakan bantuan yang ingin melakukan pemeriksaan HIV Dan IMS .serta akses ke layanan kesehatan terdekat. Silakan klik laman berikut: AYO TES HIV

 

Sumber :INDOPOS, diakses pada https://indopos.co.id/read/2018/07/25/145256/2030-dki-target-zero-aids

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *